Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
RPP ini di ajukan untuk memenuhi mata kuliyah
"Materi Pendidikan Agama Islam IV (Empat)"
Dosen Pengampu :
H.M. Asyhad, M.Ag
Oleh
MUHAMMAD RUSLI
200689010100663
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT KEISLAMAN ABDULLAH FAQIH (INKAFA)
GRESIK
2010
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Alqur’an Hadist
Kelas/Semester : VII (Tujuh) MTs
Pertemuan Ke- : 2
Alokasi Waktu : 2 × 40 Menit
Standar Kompetensi :
1. Menerapkan kaidah ilmu tajwid dalam bacaan al-Quran
Kompetensi Dasar :
1. Menjelaskan makharijul huruf
2. Membedakan makharijul huruf
Indikator :
1. Siswa mampu Menjelaskan pengertian makharijul huruf menurut bahasa.
2. Siswa mampu Menjelaskan pengertian makharijul huruf menurut istilah
3. Siswa mampu Menghafalkan huruf-huruf hijaiyah sesuai dengan makhraj yang fasih.
4. Siswa mampu Menerapkan makharijul huruf dalam bacaan al-Quran.
A. Materi Pembelajaran
1. Makharijul Khuruf
B. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. praktek
C. Materi Pokok
Pengertian Makharijul hurufKata makharijul huruf berasal dari bahasa Arab, yang terdiri dari dua kata, yaitu sebagai berikut :
Makharij (مخارج) adalah jama’ dari kata makhraj (مخارج) yang berarti tempat keluar khuruf. Al-Huruf (الحروف) adalah jama’ dari al-harfu (الحرف) yang berarti huruf Jadi menurut bahasa yang dimaksud dengan makharijul huruf itu ialah tempat-tempat keluarnya huruf., Sedangkan menurut istilah dalam ilmu tajwid, yang dimaksud dengan makharijul huruf yaitu tempat-tempat atau letak keluarnya huruf-huruf hijaiyah ketika membunyikannya.
Macam-macam Makharijul Huruf
Al-Jauf (الجوف), artinya rongga mulut dan rongga tenggorokanYaitu tempat keluarnya huruf hijaiyah yang terletak pada rongga mulut dan rongga tenggorokan. Bunyi huruf yang keluar dari rongga mulut dan rongga tenggorokan ada tiga macam, yaitu ; alif, wawu mati dan ya’ mati dengan penjelasan sebagai berikut :1) Alif dan sebelumnya ada huruf yang difathah, wawu mati dan sebelumnya ada huruf yang didhommah, Ya’ mati dan sebelumnya ada huruf yang dikasrah.
Al-Halqu (الحلق), artinya tenggorokan / kerongkonganYaitu tempat keluar bunyi huruf hijaiyah yang terletak pada kerongkongan / tenggorokan. Dan berdasarkan perbedaan teknis pelafalannya, huruf-huruf halqiyah (huruf-huruf yang keluar dari tenggorokan) dibagi menjadi tiga bagian yaitu ;1) Aqshal halqiy (pangkal tenggorokan), yaitu huruf hamzah dan ha’, Wasthul halqiy (pertengahan tenggorokan), yaitu huruf ha’ dan ’ain
Adnal halqiy (ujung tenggorokan), yaitu huruf ghain dan kha’Contoh : Al-Lisan (اللسان), artinya lidahBunyi huruf hijaiyah dengan tempat keluarnya dari lidah ada 18 huruf, yaitu :Berdasarkan delapan belas huruf itu dapat dikelompokkan menjadi 10 makhraj, yaitu sebagai berikut :1) Pangkal lidah dan langit-langit mulut bagian belakang, yaitu huruf Qof (ق). Maksudnya bunyi huruf qof ini keluar dari pangkal lidah dekat dengan kerongkongan yang dihimpitkan ke langit-langit mulut bagian belakang. 2) Pangkal lidah bagian tengah dan langit-langit mulut bagian tengah, yaitu huruf Kaf (ك). Maksudnya bunyi huruf kaf ini keluar dari pangkal lidah di depan makhraj huruf qof, yang dihimpitkan ke langit-langit bagian mulut bagian tengah.
Al-Syafatain, artinya dua bibirYaitu tempat keluarnya huruf hijaiyah yang terletak pada kedua bibir. Yang termasuk huruf-huruf syafatain ialah wawu, fa’ mim dan
Al-Khaisyum, artinya pangkal hidung.
D. Sumber Belajar
1. Buku paket alqur’an hadist untuk Kelas VII MTs
2. LKS PAI MTs
3. Buku lain yang relevan
E. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (Apersepsi) dengan alokasi waktu 10 menit
a) Guru dan siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmalah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran
b) Guru mengabsen siswa
c) Guru menyampaikan beberapa pertanyaan seputar materi .
d) Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.
2. Kegiatan Inti dengan alokasi waktu 60 menit
a) Guru menguraikan materi pembelajaran, sedangkan siswa menyimak dan memperhatikan.
b) Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
c) Guru mempraktekkan dan murud menirukan
d) Guru memberikan tugas yang berkaitan dengan materi
3. Kegiatan penutup dengan alokasi waktu 10 menit
a) Guru memberi kesempatan tanya jawab terhadap siswa yang belum dapat memahami materi pembelajaran.
b) Guru membuat simpulan pembahasan materi pembelajaran.
c) Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
F. Penilaian
A. Tes Lisan
1. Menghafalkan huruf-huruf hijaiyah sesuai dengan makhraj yang fasih.
B.Tes Tertulis
2. Jelaskan pengertian makharijul huruf menurut bahasa.
3. Jelaskan pengertian makharijul huruf menurut istilah
C. Tes Perbuatan
1. Murid Menerapkan makharijul huruf dalam bacaan al-Quran. .
Gresik, 20 Februari 2010
Mengetahui,
Kepala sekolah
…………………… Guru
…………………..
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Comments :
0 komentar to “Contoh Tugas RPP”
Posting Komentar