Kamis, 22 Juli 2010

Apa sih santri itu?

Menurut Abu Hamid istilah santri berasal dari kata shastra (i) dari bahasa Tamil yang berarti seorang ahli buku suci (Hindu). Dalam dunia pesantren istilah santri adalah murid pesantren yang biasanya tingggal di asrama atau pondok. Hanya santri yang rumahnya dekat dengan dengan pesantren tidak demikian. Dari sumber lain, santri berarti orang baik yang suka menolong.
Dalam istilah lain juga diterangkan bahwa santri merupakan sebutan bagi para siswa yang belajar dalam pesantren.


Macam-macam Santri

Menurut para ahli santri dapat dikelompokkan beberapa bagian yaitu :
a. Santri mukim, yaitu murid-murid yang berasal dari daerah yang jauh dan menetap dalam kelompok pesantren. Santri mukim yang paling lama tinggal di pesantren tersebut biasanya merupakan satu kelompok tersendiri yang memegang tanggung jawab mengurusi kepentingan pesantren sehari-hari, mereka juga memikul tanggung jawab mengajar santri-santri muda tentang kitab-kitab dasar dan menengah.
b. Santri kalong, yaitu murid-murid yang berasal dari daerah sekeliling pesantren, yang biasanya tidak menetap dalam pesatren. Untuk mengikuti pelajaran di pesantren, mereka bolak-balik (nglajo) dari rumahnya sendiri. Biasanya perbedaan antara pesantren besar dan pesantren kecil dapat dilihat dari komposisi santri kalong.
Sedangkan Arifin dan Sunyoto menemukan bentuk kelompok santri yang lain yaitu:
a. Santri alumnus adalah para santri yang sudah tidak dapat aktif dalm kegiatan rutin pesantren tetapi mereka masih sering datang pada acara-acara tertentu yang diadakan pesantren. Mereka masih memiliki komitmen hubungan dengan pesantren, terutama terhadap kyai pesantren.
b. Santri luar yaitu santri yang tidak terdaftar secara resmi dipesantren sebagaimana santri mukim dan santri kalong, tetapi mereka memiliki hubungan batin yang kuat dan dekat dengan kyai, sewaktu-waktu mereka mengikuti pengajian-pengajian agama yang diberikan oleh kyai, dan memberikan sumbangan parsitipatif yang tinggi apabila pesantren membutuhkan sesuatu.

Referensi :
Yacub,M.1993.Pondok Pesantren dan Pembangunan Masyarakat desa Bandung: Angkasa.

Putra Dauly, Haedar. 2001. Historisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Dhofir, Zamakhsyari. 1985. Tradisi Pesantren Setudi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.

Arifin, Imron. 1993. Kepimpinan Kyai Kasus Pondok Pesantren Tebu Ireng. Malang: Kalimasyahadah Press.

Comments :

3 komentar to “Apa sih santri itu?”

Samgat membantu buat referensi

Supandi mengatakan...
on 

Samgat membantu buat referensi

Supandi mengatakan...
on 

Samgat membantu buat referensi

Supandi mengatakan...
on 

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.