Kamis, 22 Juli 2010

apa itu dakwah?

setiap kegiatan yang bersifat menyeruh, mengajak dan memanggil orang untuk beriman kepada Allah Swt sesuai dengan garis akidah, Syariat dan ahlak islamiyah secarah kebahasan Dakwah adalah kata dasar (Masdar) dari kata Da’a Yad’u yang berarti seruan atau ajakan . Sedangkan arti Dakwah menurut pandangan beberapa para ilmuan adalah sebagai berikut. Pendapat Bakhial Kauli, Dakwah adalah suatu proses menghidupkan peraturan-perturan Islam dengan maksud memindahkan Umat, dari satu keadaan kepada keadaan yang lain. Sedangkan menurut Syek ali Mahfudz Dakwah adalah mengajak manusia untuk mengerjakan kebaikan dan mengikuti petunjuk, menyuruh mereka berbuat baik dan melarang mereka dari perbuatan jelek agar mereka mendapat kebahagian di dunia dan akhirat.
Begitu juga Dakwah mengandung pengertian sebagai suatu kegiatan ajakan baik dalam bentuk lisan, maupun tulisan, tingkah laku dan sebagian yang dilakukan secara sadar dan berencana dalam usaha mempengaruhi orang lain baik secara individual maupun kelompok agar supaya timbul dalam dirinya suatu pengertian kesadaran, sikap penghayatan serta pengamalan terhadap ajaran Agama sebagai massage yang disampaikan dengan tanpa danya unsur-unsur paksaan. Dengan demikian maka esensi dakwah terletak pada ajakan dorongan (Motivasi) rangsangan serta bimbingan terhadap orang lain untuk memberi Ajaran Agama dengan penuh kesadaran demi keuntungan pribadinya sendirinya jadi bukan untuk kepentingan juru dakwah.

Sesungguhya kita sebagai umat muslim, lebih-lebih umat muhamad maka sudah sepatutnya kita mengikuti jejak beliau. yaitu sebagai pembawa khobar sebagai juru dakwah, yang sudah dilaksanakan oleh rosul kepada kaumnya walaupun kaumnya kolot dan membangkang untuk menerima khabar.
Kerena di manapun dan kapanpun kita berada pasti kita akan menjumpai kemungkaran, sebagai umat muslim bersaudara maka sudah barang tentu kita saling mengingatkan tentunya dengan seizin-Nya.
Disamping kita memberi Khabar gembira kita juga harus memberi khabar peringatan, karena dengan itu lah tentunya mereka akan lebih mawas diri dan lebih hati-hati dalam segala ketentuan Hukum-Hukum Allah Swt yang sudah di nash dalam Al-Qur’an. Dalam mencegah kemungkaran tentunya kadar Individu yang di miliki oleh masing- masing Umat Muslim menurut kemampuannya. Dan di sini sudah di jelaskan dalam Hadits yang di riwayatkan oleh: HR Muslim yang artinya :
“ siapa saja diantara kalian yang melihat kemungkaran, maka hendaklah ia mengubah dengan tangannya,: jika tidak mampu maka hendaklah dengan lidahnya : jika tidak mampu maka hendaklah dengan hatinya dan itulah selemah-lemahnya Iman.

Referensi :

Jaelani, Bisri Muhamad.ensklopedi islam , Panji Pustaka. Yogyakarta : 2007.

Lembaga Kajian dan Pengembangan Forum Komunikasai Mahasiswa dan Alumni: Paskasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Kencana, 2006.

H. M. Arifin. psikologi dakwah , Bumi Aksara, Jakarta: 2004.

Comments :

0 komentar to “apa itu dakwah?”


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.