Minggu, 08 Agustus 2010

Konsep pendidikan islam

Konsep berasal dari kata concept dalam bahsa inggrisnya yang artinya pengertian, bagan, Gambaran, atau konsepsi (Marizar, 1 : 2005) Menurut Nata, Istilah Pendidikan islam dapat dipahami dari tiga sudut pandang. Pertama, pendidikan islam. Kedua, pendidikan dalam islam. Ketiga, peendidikan menurut islam. Dari kerangka akademik ketiga sudut pandang tersebut harus dibedakan dengan tegas, karena ketiganya akan melahirkan disiplin ilmu sendiri-sendiri (2003 : 58).
Menurut Tajub pendidikan agama islam, menunjukkan kepada proses oprasional dalam usaha pendidikan ajaran-ajaran agama islam. Pendekatan ini kelak menjadi bahan dalam "Ilmu Pendidikan Islam teoritis". Sedangkan pendidikan dalam islam, bersifat Sosio-historis dan akan menjadi bahan kajian dalam Sejarah Pendidikan Islam". Selanjutnya pendidikan menurut islam, bersifat normatif dan menjadi bahan kajian dalam " Filasafat Pendidikan Islam" (Nata, 2003 : 59).
Berkaitan dengan ketiga konsep diatas, yang di maksud dalam pembahasan yang akan diuraikan di sini adalah Konsep pendidikan islam yang disebutkan dalam konsep yang pertama.

referensi

Marizar, Eddy. S. 2005. Designing furniture. Jogjakarta: Media Pressindo.

Nata, Abuddin. 2003. Kapikta Selekta Pendidikan Islam. Bandung: angkasa.

Comments :

0 komentar to “Konsep pendidikan islam”


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.