Rabu, 21 Juli 2010

pengertian metode membaca

Pengertian Metode Membaca
Metode diajukan sebagai cara-cara yang dapat digunakan pendidik untuk menyampaikan pesan (materi pelajaran) dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang dikehendaki. Jika dengan metode tertentu suatu tujuan tidak tercapai maka harus mencari atau menggunakan metode lain yang dapat mencapai suatu tujuan pendidikan. Metode hanya merupakan alat bukan tujuan.
Pengertian metode menurut Tony Anthony dalam Akhlan Husen bahwa metode adalah tingkat penerapan teori-teori yang didasarkan pada satu jenis pendekatan, sehingga merupakan rancangan yang menyeluruh dari jenis ketrampilan apa yang dikuasai yang belajar, materi-materi apa yang harus digunakan, serta bagaimana penyusunan urutan materi penyajiannya (Supriatna, 1998: 87).
Sebagai kesimpulan dapat dikatakan bahwa metode pengajaran adalah cara-cara guru mencapai tujuan pengajaran dari awal sampai akhir yang terdiri dari lima kegiatan pokok. Kegiatan tersebut adalah:
1) Pemilihan bahan
2) Penyusunan bahan
3) Penyajian
4) Pemantapan dan
5) Penilaian formatif
Membaca pada hakikatnya suatu yang rumit yang melibatkan banyak hal, tidak hanya sekedar melafalkan tulisan, tetapi juga melibatkan aktifitas visual, berfikir, psikolingistik dan metakognitif. Sebagai proses visual membaca merupakan proses menerjemahkan symbol tulis (huruf) ke dalam kata-kata lisan. Sebagai suatu proses berfikir, membaca mencakup aktifitas pengenalan kata, pemahaman literal, interpretasi, membaca kritis dan pemahaman kreatif. Pengajaran kata bisa berupa aktifitas membaca kata-kata dengan menggunakan kamus (Crawley dan mountain, 1995).
Menurut Klein, dkk. (1996) mengemukakan bahwa definisi membaca mencakup (1) membaca merupakan suatu proses, (2) membaca adalah strategi, dan (3) membaca merupakan interaktif. Membaca merupakan suatu proses dimaksudkan informasi dari teks dan pengetahuan yang dimiliki oleh pembaca mempunyai peranan yang utama dalam membentuk makna.

Membaca adalah interaktif. Keterlibatan pembaca dengan teks tergantung pada konteks. Orang yang senang membaca suatu teks yang bermanfaat, akan menemui beberapa tujuan yang ingin dicapainya. Teks yang dibaca seseorang harus mudah difahami (readible) sehingga terjadi interaksi antara pembaca dengan teks (Rohim, 2007: 2-3).
Praktis membaca adalah nama sebuah buku yang disajikan untuk tahap pemula dalam belajar membaca. Buku ini terdiri dari jilid IA, IB, IIA, IIB, IIIA dan IIIB. Jilid IA berisi pelajaran membaca kata-kata yang terdiri atas dua suku kata tanpa akhiran (Yuli, 2008: ii). Jilid IB berisi kalimat-kalimat yang merupakan rangkaian kata yang sudah diajarkan pada jilid IA (Yuli, 2008: iii).
Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa metode praktis membaca adalah suatu pendekatan yang dilakukan dengan menggunakan buku “Praktis Membaca” yang disajikan untuk tahap pemula dalam belajar membaca.
Sebagai orang tua dan sekaligus sebagai pendidik harus memperhatikan metode dan teknik sesuai dengan tingkat penguasaan anak.

Comments :

0 komentar to “pengertian metode membaca”


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.