Rabu, 21 Juli 2010

anlisis swot

Analisis adalah uraian, kupasan, pengkajian terhadap suatu peristiwa, penguraian dan penelaahan secara menyeluruh dan mendalam . Sedangkan SWOT(singkatan bahasa Inggris dari "kekuatan"/strengths, kelemahan"/weaknesses, "kesempatan"/opportunities, dan "ancaman"/threats) jadi analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Semua manusia pasti selalu menginginkan hal yang terbaik dalam hidupnya, baik dalam dirinya sendiri, keluarganya, lingkungannya begitu juga pada organisasi yang mereka jalani selama ini.
Untuk mendapatkan yang terbaik tersebut, khususnya dalam organisasi banyak hal yang mereka lakukan dan selalu berusaha mencari jalan terbaik, agar nantinya juga berhasil sukses dan mendapatkan hasil yang maksimal.
Dalam hal ini, ada sebuah metode yang menawarkan alternative baru yang insya allah dapat memberikan ‘angin segar’ agar dalam perjalanan organisasinya nanti bisa mendapatkan hasil yang maksimal yaitu analisis SWOT.
Analisis SWOT bukanlah akhir dari proses. Untuk memanfaatkan sepenuhnya alat ini, anda perlu menentukan rencana tindak lanjut. Juga alat ini cenderung berdasarkan pada "pendapat" dan indikator-indikator kualitatif dan belum tentu pada "kenyataan".
Sebenarnya analisis ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.
Dan yang perlu diketahui, ini adalah sebuah tawaran metode, kerena masih banyak metode metode yang lain. Tapi pada kesempatan kali ini, kami sebagai pemakalah akan membahas sedikit tentang analisis swot, dan untuk lebih lanjutnya akan di jelaskan dalam pembahasan bab II.

B. Rumusan masalah
Rumusan masalah pada makalah ini adalah
a. Apa pegertian?
b. Bagaimana langkah langkah swot?
c. Dan apa manfaat analisis swot?
d. Contoh analisis SWOT?

BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Analisis adalah uraian, kupasan, pengkajian terhadap suatu peristiwa, penguraian dan penelaahan secara menyeluruh dan mendalam . Sedangkan SWOT(singkatan bahasa Inggris dari "kekuatan"/strengths, kelemahan"/weaknesses, "kesempatan"/opportunities, dan "ancaman"/threats) jadi analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut .
Dan metode ini juga bisa di terapkan dalam dalam manejemen pendidikan dengan mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman dengan tujuannya pada akhirnya akan mengalami kemajuan pada sebuah pendidikan khususnya dalam madrasah.
B. Langkah-langkah analisis SWOT
Ada beberapa langkah analisis swot, agar penggunaan metode ini lebih maksimal, diantaranya :
Langkah 1: Menyiapkan sesi SWOT
• SWOT kemungkinan akan menghabiskan waktu 50 - 60 menit.
• Peserta dibagi dalam kelompok dengan maksimum 6 orang per kelompok.
• Dengan menggunakan alat curah pendapat memilih pelayanan atau komponen pelayanan yang akan dianalisa.
• Setiap kelompok membuat sebuah matriks SWOT sesuai dengan contoh.
• Siapkan kartu dan kertas flipchart untuk setiap kelompok.
• Tentukan seorang Pencatat. Tugas Pencatat adalah mengisi matriks SWOT.
Langkah 2: Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan
• Dengan menggunakan curah pendapat, tulis pada kartu semua kekuatan di dalam organisasi (internal). Kekuatan bisa berupa, tenaga trampil, gaji, sarana. Setelah kartu diisi tempelkan pada kertas flipchart.
• Setelah selesai menyusun kekuatan internal, dengan menggunakan curah pendapat, daftarkan kelemahan di dalam organisasi (internal) pada kartu lalu ditempelkan pada flipchart .
Langkah 3: Mengidentifikasi kesempatan dan ancaman
• Dengan menggunakan curah pendapat, daftarkan semua kesempatan di luar organisasi (kesempatan ekstern) yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan atau atasi sebuah masalah. Ini bisa berupa latihan, tenaga baru, peraturan baru dan seterusnya.
• Dengan menggunakan curah pendapat, buatlah daftar ancaman di luar organisasi (ancaman ekstern) yang dapat menghalangi pemecahan masalah.
Langkah 4: Melakukan ranking terhadap kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang
• Daftarkan dalam kolom masing-masing: kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang.
• Buatlah ranking setiap kolom. Yang perlu dipikirkan adalah pentingnya kesempatan / ancaman dan berapa besar kemungkinan kesempatan / ancaman tersebut memang akan ada. Begitu juga dengan ancaman dan peluang.
Langkah 5: Menganalisis kekuatan dan kelemahan
• Masukan kekuatan dan kelemahan masuk matriks SWOT.
• Kekuatan diisi sesuai ranking yang telah dikerjakan, kekuatan yang paling besar di atas, yang kurang besar di bawah.
• Setelah kekuatan diisi, disusul dengan kelemahan.
• Masukan kesempatan dan ancaman di dalam kolom.
• Hubungkan kekuatan dan kelemahan dengan kesempatan dan ancaman.
• Kombinasi di mana kekuatan bertemu dengan kesempatan adalah keadaan yang paling positif. Keadaan ini harus dipelihara dengan baik supaya tetap ada.
• Kombinasi kelemahan dan ancaman adalah keadaan yang paling negatif dan harus dihindari.
o Setiap kombinasi diperiksa ulang kalau memang merupakan jalan keluar untuk mengurangi kelemahan atau ancaman.

B. Manfaat analisis SWOT
• Untuk melakukan perencanaan dalam upaya mengantisipasi masa depan dengan melakukan pengkajian bedasarkan pengalaman masa lampau, ditopang sumber daya dan kemampuan yang miliki saat ini yang akan diproyeksikan kemasa depan.
• Untuk menganalisis kesempatan/peluang dan kekuatan dalam membuat rencana jangka panjang.
• Untuk mengatasi ancaman dan kelemahan yang mempunyai kecendrungan menghasilkan rencana jangka pendek, yaitu rencana untuk perbaikan.
• Untuk mengidentifikasi Faktor eksternal (O dan S) dan Faktor Internal (S da W)
• Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman organisasi

BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Dari pemaparan makalah diatas dapat diambil kesimpulan bahwa analisis swot adalah sebuah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu organisasi.
Sedangkan langkah-langkah analisis swot ada 5 langkah, yaitu Langkah 1: Menyiapkan sesi SWOT, Langkah 2: Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, Langkah 3: Mengidentifikasi kesempatan dan ancaman
Langkah 4: Melakukan ranking terhadap kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang, Langkah 5: Menganalisis kekuatan dan kelemahan.
Sedangak manfaatnya adalah Untuk melakukan perencanaan dalam upaya mengantisipasi masa depan dengan melakukan pengkajian bedasarkan pengalaman masa lampau, ditopang sumber daya dan kemampuan yang miliki saat ini yang akan diproyeksikan kemasa depan,Untuk menganalisis kesempatan/peluang dan kekuatan, Untuk mengatasi ancaman dan kelemahan,Untuk mengidentifikasi Faktor eksternal dan Faktor Internal, Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman organisasi.
Dan contoh dari analisis SWOT adalah diantaranya mempetakan wilayah-wilayah SWOT (strengths weaknesses,opportunities, dan threats) sebagaimana yang gambar 01 dan 02.
B. Kritik dan saran

Demikianlah makalah yang dapat kami buat, kritik dan sarannya yang bersifat membangun sangatlah kami harapkan, dan akhirnya semoga maklah yang singkat ini dapat menambah wawasan wacana kita dan bermanfaat. amin
DAFTAR PUSTAKA
Tim prima pena. 2006. kamus ilmiah popular. Surabaya : gita media press
http://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT
http://dickyrahardi.blogspot.com/2007/08/analisis-swot.html
http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/08/manfaat-analisa-swot.html

Comments :

0 komentar to “anlisis swot”


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.